Friday, August 24, 2018

Wow sekali...!!! Netizen Indonesia

Netizen menurut saya adalah kumpulan orang pengguna internet yang biasanya mempunyai akun media sosial tertentu. Di Indonesia sendiri banyak sekali pengguna internet dari yang masih anak-anak sampai yang sudah jadi Kakek dan Nenek. Dari sekian banyak penduduk Indonesia tersebut bisa kita bayangkan besarnya pengaruh netizen di internet Indonesia kita ini.


Selama beberapa tahun terakhir saya benar-benar mengamati tingkah dan perilaku netizen Indonesia dari berbagai Media Sosial terkenal. Dan selama itu saya dibuat bingung , miris , dan kecewa. Disini saya akan menyajikan sedikit unik pendapat saya mengenai Netizen Indonesia tapi akan saya kategorikan dari 3 Media Sosial terkenal saja.

1. Whatsapp
  •  Whatsapp sebenarnya dulu terkenal dengan fungsi chat nya yang simpel ,ringan , dan mudah digunakan. Dan sampai sekarang pun fitur chat nya ini sangat bermanfaat bagi kita untuk urusan pekerjaan dan pribadi.Tapi Whatsapp lambat laun berkembang dan malah mirip menjadi seperti Instagram dengan fitur update status dan kita bisa pamer video dan foto di laman status kita. Dan isi nya kebanyakan ngumbar privasi dan ngeluh layaknya orang yang perlu dikasihani. Tapi positifnya disini kita tak perlu menanyakan kabarnya secara langsung , karena kita bisa lihat langsung kabar dia baik-baik saja atau lagi susah melalui status-nya. 😂
 2. Facebook
  • Dan satu lagi media sosial yang sudah cukup berumur tapi masih tetep banyak dibuka traffic-nya oleh netizen kita. Keunggulan dari Facebook adalah kita bisa pasang iklan di Page Pribadi kita , sehingga bisa menghasilkan uang dan sangat berguna untuk menambah penghasilan. 
  • Saya pernah menulusri sebuah grup tertutup yang isinya adalah tentang curhatan para netizen kita yang tersakiti akan hubungan cinta mereka. Dan disana saya menjumpai postingan yang cukup menganggu dan cukup memalukan untuk dilihat , yaitu video dia menangis sehabis diputus oleh pacarnya. Sungguh tidak ada faedahnya sama sekali.
3. Instagram
  • Saat ini Instagram di Indonesia adalah media sosial nomer satu menurut saya atau bahkan dunia , dan netizen kita pun cukup beragam.Dan media sosial ini adalah salah satu yang bisa bikin netizen geger dan viral karena penggunanya begitu banyak.
  • Pasti kalian pernah melihat di kolom komentar seorang artis , publik figur , tokoh politik , dan lain lain dimana ada haters yang mengisi kolom komentar dengan ujaran kebencian. Hal ini seperti sudah biasa terjadi dan saya pun tak habis pikir kenapa ada seseorang yang begitu benci kepada seorang figur yang bahkan mereka sendiri pun saya yakin belum pernah bertatap muka dan bicara secara langsung. Bagaimana mereka bisa menilai dan membeci ??
  • Dan adapula netizen yang suka berbicara kotor dan memaki individu tertentu di kolom komentar dan biasanya disitu pasti saling lempar makian dan mejatuhkan dan diiringi dengan kata-kata kotor yang semua orang dan semua umur bisa lihat. 
  • Dan beberapa waktu lalu ada yang memposting video yang tak layaknya dipublikasikan hanya karena sedang terbawa arus suasana kegembiraan bersama teman-temannya.
  • Dan meng-viral kan sesuatu yang tidak patut dibesar-besarkan dan membully pihak yang foto atau video nya tersebar dan menjadi besar dan banyak diperbincangkan.
Masih banyak sekali netizen kita yang masih menyalahgunakan sosial media dan terlalu banyak mengekspos hal-hal yang kurang patut diperbicangkan menjadi ramai. 

Lalau apakah netizen kita bisa menjadi lebih baik dalam bersosial media? Saya rasa akan susah sekali mengharapkan netizen kita menjadi lebih baik karena ini menyangkut kesadaran pribadi masing-masing individu. 

Saya hanya bisa menghimbau kepada pembaca agar lebih bijaksana memakai sosial media dan tidak menjadi netizen yang buruk.









No comments:

Post a Comment